Home » » Cara Membuat Tepung dari Biji Nangka

Cara Membuat Tepung dari Biji Nangka

Tidak Disangka Biji Nangka Bisa dijadikan tepung, Setelah pada postingan terdahulu kita telah mencoba berbagai macam kreasi makanan yang terbuat dari buah nangka, seperti Membuat Sirup Nangka, Membuat Nangka Goreng (Goreng Nangka), Membuat Keripik Nangka Tradisional, kali ini kita coba berkreasi untuk memmanfa'atkan biji nangka atau beton yang sering kita buang begitu saja.

Tepung biji nangka sangat bermanfaat jika anda ingin membuat pangan dari cara yang berbeda. Selain itu cara yang digunakan untuk membuat tepung biji nangka ini pun terbilang simpel dan sederhana sehingga sangat mudah untuk dilakukan.


Kebanyakan dari kita selama ini tidak mengetahui kandungan yang terdapat pada biji nangka dimana pada biji nangka juga mengandung karbohidrat, protein dan energi, hal ini lah yang membuat biji nangka bisa di jadikan tepung sebagai pangan pengganti. Banyak sekali olahan yang bisa kita manfaatkan, diantaranya, bisa di buat tepung, sereal, susu dan roti.


Lalu bagaimana mengolah biji nangka ini agar bisa dimanfaatkan? jika anda bertanya seperti itu maka anda menemukan artikel yang tepat karena selanjutnya kita akan membahas cara untuk membuat tepung biji nangka.
 
Baiklah tanpa panjang lebar lagi, untuk cara membuat tepung biji nangka bisa anda baca pada tutorial berikut ini.

Cara membuat tepung dari biji nangka

  1. Cucilah biji nangka pada air bersih yang mengalir sampai bersih dan tidak ada yang licin lagi.
  2. Rebuslah biji nangka pada air mendidih selama 10-15 menit untuk menghilangkan getahnya. Tambahkan arang dari batok kelapa untuk menghilangkan bau nangkanya. Carbon dari arang akan menyerap zat bau dari nangka.
  3. Tiriskan dan dinginkan biji nangka yang telah matang kemudian irislah tipis-tipis dengan ketebalan 2-3 mm agar mudah dikeringkan.
  4. Jemurlah biji nangka di bawah sinar mata hari untuk mengeringkannya selama 3-4 hari atau sampai dirasa cukup kering. Haluskan irisan biji nangka yang telah kering menggunakan blender sampai menjadi bubuk atau tepung.
  5. Ayaklah menggunakan penyaring untuk memisahkan bagian tepung yang halus dan yang kasar. Kumpulkan yang kasar kemudian di blender lagi untuk memperoleh tepung yang halus.
Tidak terlalu sulit bukan? semoga artikel Cara Membuat Tepung Dari Biji Nangka ini bisa bermanfaat. jika anda mempunyai opini lain silahkan berikan komentar anda.

Terima kasih atas kunjungan semoga bermanfa’at.
Anda juga dapat menemukan cara Lainnya disini.

Link iklan Lainnya yang mungkin bermanfaat buat anda:

loading...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

1 komentar :

 
Support : Gilang Kencana 99 | Wawasan Insani | TopTan platinum
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger