Home » » Cara Membuat Sabun Cair

Cara Membuat Sabun Cair

Sebelumnya kita telah mencoba Cara Membuat Sabun Cream atau Sabun Colek nah kali ini kita memcoba Cara Membuat Sabun cair.

Sabun cair diproduksi untuk berbagai keperluan seperti diproduksi untuk berbagai keperluan seperti untuk mandi, pencuci tangan, pencuci piring ataupun alat-alat rumah tangga, dan sebagainya.

Karakteristik sabun cair tersebut berbeda-beda untuk setiap keperluan, tergantung pada komposisi bahan dan proses pembuatannya. Keunggulan sabun cair antara lain mudah dibawa bepergian dan lebih higienis karena biasanya disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. 

Sabun cair ini merupakan produk yang strategis, karena saat ini masyarakat modern suka prodak yang praktis dan ekonomis.

Untuk mengawali bikin sabun cair cukup mudah dengan mengetahui sifat dan fungsi masing-masing bahan sabun cair dan cukup dengan modal awal 100.000 rupiah bisa menghasilkan lebih dari 30 liter sabun cair kwalitas baik.

Untuk pembelian bahan-bahan kimia yang tertera dibawah ini dapat di beli toko-toko kimia terdekat. 

Keunggulan Sabun Cair : 
  1. Praktis, karena Sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan botol, sehingga dapat mudah di bawah kemana-mana. Sabun cair mudah larut di air ( bathtub ), lalu di obok-obok sebentar langsung berbusa dan digunakan untuk mandi berendam.
  2. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain, dengan begitu dapat menghemat sabun mandi cair.
  3. Kesehatannya (kontaminasi terhadap kuman bisa dihindari) bisa menjamin bila dibandingkan sabun mandi padat (Sabun curah) yang dipegang banyak orang alias dipakai ramai-ramai.

Reaksi Sabun Cair : 

Trigliserida + Alkali ==> Sabun + Gliserol



Cara Pembuatan Sabun Cair :

Alat dan Bahan

Alat : 
  •  Baskom Kecil 3 buah 
  •  Pengaduk Kayu 3 buah 
  •  Gelas ukur 
  •  Masker 
  •  Sarung tangan lab 
Bahan : 
  • Texapon              150 gram 
  • Camperland          20 cc 
  • Bronidox                 5 cc 
  • NaCl                     25 gram 
  • Pewarna Kimia     1 gram 
  • Parfume                 5 cc 
  • Aquades              900 cc 
Cara Kerja : 
  1. Campurkan Texapon dan Camperland, aduk hingga rata. Tambahkan Aquades sedikit demi sedikit (aduk hingga rata). 
  2. Tambahkan garam, Bronidox, pewarna dan parfume satu per satu hingga rata. 
  3. Diamkan semalam hingga busanya hilang (cairan kental bewarna jernih).
Demikianlah sekilas tentang Cara Membuat Sabun Cair, semoga dapat bermanfa'at dan menjadi inspirasi usaha anda.

Selamat mencoba semoga sukses.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

10 komentar :

  1. PAK. Bagaimana saya dapat informasi pembelian bahan baku sebab ditempat saya terlalu sulit mendapatkan bahan-bahan kimia tersebut. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan bisa nanya ke bah google banyak yg nawarin gan.
      trimakasaih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Alhamdulillah...dapat ilmu baru lagi,terima kasih gan bwt informasi dan blog nya,semoga berkah....

    BalasHapus
  3. hebat dan mantap2 ya tulisannya..sangat berguna,,,ngomong2..apa yang agan tuliskan semua ini sudah di praktekkan ya ?

    BalasHapus
  4. Mantaab...semoga bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih atas kunjungannya

      Hapus
  5. info yang sangat bermanfaat sekali.
    salut untuk blog anda gan...
    saya cuma mau tanya sedikit gan, untuk komposisi sabun cair diatas seperti yang anda paparkan......termasuk jenis sabun cair apa yang nantinya dihasilkan dengan komposisi bahan diatas?
    apakah sabun mandi cair (body wash)
    sabun cuci piring cair
    sabun cuci tangan cair

    terima kasih banyak......
    ijin nyimak blog nya lebih lanjut ya gan, dan juga tukeran link

    rentalmobilalamsyah.blogspot.com/‎
    alamsyahgroup.wordpress.com/
    jilbabkuu.wordpress.com/

    BalasHapus
  6. Permisi, ini formula untuk sabun badan ya? kalo untuk wajah cocok gak?
    kalau nggak cocok ada dimana perbedaannya?

    Makasih

    BalasHapus
  7. saya seorang d3 farmasi berpengalaman sudah 3 tahun dalam bidang kosmetik terutama dalam pembuatan sabun cair pencuci piring dan cream neo gamat emas (pemutih wajah).mau kerja sama/merekrut dengan saya.alhamdulillah..atau pelatihan 3-4jam sampai bisa,jg gpp.

    nb :soal pelatihan saya hanya bisa panggilan,jadi masalah bahan dan alat sudah ada ditempat anda

    bisa hubungi 085725778341 .soal biaya bisa dinegosiasikan.terima kasih

    BalasHapus

 
Support : Halama Artikel | Solusi Kesehata Bio HSA | Toko Online Viena
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger