Home » » Cara Membuat Sabun Cream atau Sabun Colek

Cara Membuat Sabun Cream atau Sabun Colek

Sabun cream sering juga disebut sabun colek. Walaupun banyak orang telah beralih ke sabunlain untuk cuci piring dan cuci baju, tapi sabun cream masih banyak peminatnya. Sabun ini merupakan sabun yang multi guna. Bisa dipakai untuk membersihkan semua keperluan di rumah, cucipiring, cuci baju, atau pun untuk cuci mobil. Di daerah perkotaan sabun ini kurang banyak peminatnya.
 
DiIndonesia sabun colek masih tinggi permintaannya, karena banyak orang desa memakai sabun colek ini untuk berbagai keperluan cuci baju, cuci piring, bahkan ada juga yang digunakan untuk mandi membersihkan badan dan keramas (cuci rambut).Sebenarnya sabun colek diproduksi bukan untuk keperluan mencuci badan tapi karena daya bersihnya kuat jadi mereka merasa nyaman memakainya. sabun colek sebaiknya tidak dipakai untuk cuci badan (mandi), dan cuci rambut (keramas) karena bisa membuat kulit  dan rambut kita kering. Sabun colek memiliki banyak manfa'at dan bahan yang digunakan untuk membuatnya mudah didapat serta pembuatannya yang mudah dan cepat.

Keunggulan Sabun Colek:
  • Membuat sendiri lebih murah.
  • Kekentalan sabun bisa kita atur
  • Kental, wangi
  • Tanpa peralatan khusus
  • Bisa untuk mencuci piring  dan mencuci baju

Sabun colek merupakan salah satu jenis sabun keras. Sabun keras sendiri merupakan sabun yang mengandung ion natrium, karena dalam proses pembuatannya digunakan natrium hidroksida(soda api atau kaustik soda). Natrium hidroksida (NaOH) merupakan basa yang lebih keras dari pada kalium hidroksida (KOH). Daya pemutihnya sangat iritatif (bersifat melukai) terhadap kulit. 

Bahan baku sabun cream itu sendiri adalah : 

 

1. DEDOCYL BENZENE SULFONAT (DDBS)
         Adalah bahan aktif ( active ingredient) untuk membuat sabun colek, sebagian orang menyebutnya dengan nama ABS (alkyl benzene sulfonat), ini adalah bahan yang mutlak harus dipakai pada proses membuat sabun colek. yang nantinya akan menentukan hasil akhir. tanpa bahan ini sabun colek tidak akan memiliki daya bersih dalam pemakaian sabun colek, bahan ini berbentuk cairan yang biasanya berwarna coklat tua, yang berfungsi sebagai pembersih, ciri – ciri cairan ini adalah memiliki busa yang banyak bila di kucek.

2. KAUSTIK SODA
          Bahan ini berguna sebagai penetralisir sifat keasaman yang di akibatkan dalam pemakaian DDBS. Bahan ini berbentuk batangan atau flake. Sebelum dilakukan pencampuran, bahan ini harus dilarutkan dengan air dengan perbandingan 4:6 (misalnya : 40gr Kaustik Soda dengan 60cc air campuran) atau bisa juga dengan skala perbandingan lain sesuai dengan formula masing – masing, tetapi umumnya 4:6. Cara melarutkan kaustik soda harus dilakukan dengan hati – hati karena bahan ini bersifat keras terhadap kulit manusia.

3.  SODA ABU
          Soda abu atau SODA ASH berbentuk bubuk, dan warnanya putih. Fungsinya untuk meningkatkan daya bersih, penambahan soda abu tidak boleh terlalu banyak, karena dapat menimbulkan rasa panas di tangan saat sabun colek digunakan. Penggunaan soda abu yang dianjurkan dalam formula pembuatan sabun colek adalah sekitar 7 % dari komposisi total bahan sabun colek.

4. SILIKAT
          Biasanya dikenal dengan nama water glass, bahan ini berbentuk cairan kental dan tidak berwarna (bening). berfungsi sebagai pengikat material dalam sabun colek. penggunaan silikat juga akan memberikan kesan berkilau pada sabun colek, bahan ini sangat mudah beku, jadi bila tidak dipakai, sebaiknya bahan ini di simpan dengan tutup yang rapat.

5. AIR
          air merupakan bahan utama dalam pembuatan sabun colek, berfungsi untuk menyempurnakan reaksi dari formula sabun colek, air juga berfungsi untuk mengatur kekentalan sabun colek yang akan dihasilkan dari proses formula sabun colek.

6. PEWARNA DAN PEWANGI
          Berfungsi sebagai bahan tambahan (addictive) dan tidak akan mengurangi kualitas dari sabun colek, warna sabun colek yang asli adalah coklat,  dan berbau kurang menarik. jadi penambahan parfum dan pewarna dapat mempengaruhi perhatian konsumen terhadap sabun colek, jadi akan cepat terjual bila akan dijual. biasanya di gunakan warna kuning dan aroma jeruk agar lebih dapat menghilangkan bau kotoran yang akan di bersihkan

7. CMC = Carboxy methyl cellulose
          Biasanya tersedia dalam bentuk garam, yaitu CMC (Na). fungsinya dalam sabun colek adalah sebagai pengental / meningkatkan viskositas.

8. STPP
          Untuk mencegah redeposisi atau mencegah kotoran kembali ke baju (kain). Jadi tidak tepat kalau ditambahkan pada sabun cair cuci piring. Jika ingin sabun cairnya punya kelebihan dibanding sabun cair lain beri bahan kimia semacam anti jamur/bakteri. Jadi tidak sekedar bersih tapi membunuh jamur/bakteri yg merugikan dari barang-barang yang di cuci sehingga tampak higienis. 

Berikut ini bahan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sabun cream atau sabun colek:
1.      Caustic soda .......................... 50 gram
2.      STTP ....................................... 50 gram
3.      CMC ........................................ 30 gram
4.      Soda ash ................................100 gram
5.      ABS ....................................... 300 gram
6.      Bahan warna ......................... secukupnya
7.      Air ........................................... 600 cc    (2,5gelas)
8.      Bibit minyak wangi .................... 5 cc
9.      Caoline ..................................... 50 gram


Peralatan yang dibutuhkan: 

  • 2 Wadah
  • takaran / timbangan
  • pengaduk kayu
         
Langkah langkah pembuatannya:

  1. CMC dilarutkan pada ABS, diaduk sampai kental seperti asam belerang, dalam suatu tempat yang dibuat dari plastik - (larutan a).
  2. Cautic, STTP, Soda ash, Bahan warna dilarutkan dalam air, kemudian diaduk secepatnya sehingga merata, dan dalam pengadukannya memerlukan waktu kira-kira 5 menit - (larutan b).
  3. Larutan (larutan b) yang sudah berbentuk cairan dimasukkan pada hasil larutan (larutan a), kemudian diaduk sehingga busanya naik, kalau sudah halus, masukkanlah caoline sedikit demi sedikit, sambil diaduk-aduk supaya tidak ada tepung yang kristal - (larutan c).
  4. Yang terakhir, Bibit minyak wangi dilarutkan pada percampuran (larutan c) dan diaduk sekali lagi supaya betul-betul merata. 

Demikianlah sekilas tentang cara pembuatan sabun cream atau sabun colek, semoga dapat bermanfa'at dan menjadi inspirasi usaha anda.

Selamat mencoba semoga sukses.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

9 komentar :

  1. terima kasih infonya.sangat berguna.untuk perhitungan pembuatan gimana pak?

    BalasHapus
  2. terima kasih, insya allah akan dicoba di www.labrtpa.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Trimakasih atas kunjungannya semoga bermanfa'at.

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba tapi hasilnya tdk sebagus buatan pabrik,kira kira apa yang kurang ya?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nendapatkan produk yg bgs harus dilakukan beberapa percobaan dan yg jelas hati2 jangan sampai terbalik mencampurnya karena akan mengakibatkan sbun dengan tekstur yg kasar.
      Trimakasih sudah hadir.

      Hapus
  5. Wah bisa di coba tuh tpi bisa ga yah kasih harga2bahan yg harus di gunakan di atas?

    BalasHapus
  6. kalo boleh tau itu bahannya cari di mana yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ini berhubungan dengan kimia, tentu barangnya didapat ditoko kimia.

      Trim's telah berkunjung.

      Hapus
    2. terimakasih admin...
      pesennya kemasan plastik untuk sabun coleknya dimana..
      dan prosedurnya gmana...mohon penjelasan nuwun :)

      Hapus

 
Support : Halama Artikel | Solusi Kesehata Bio HSA | Toko Online Viena
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger