Home » » Cara membuat tape ketan

Cara membuat tape ketan

Tape adalah makanan yang difermentasikan menggunakan ragi. Tape adalah salah satu panganan tradisional yang telah lama dikenal di Indonesia. Pada tulisan terdahulu Kerajinan Home Iindustry telah mengulas cara membuat tape singkong, nah kali ini Kerajinan Home Iindustry tape dari beras ketan hitam.
Dalam pembuatan tape ketan ada hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan ragi. Penggunaan ragi yang terlalu banyak akan membuat tape terasa pengar namun karena proses frementasinya yang terlalu cepat.
Namun jika penggunaan ragi terlampau sekikit hal ini bisa membuat rasa tape tidak manis dan terasa keras. Untuk itu penggunaan ragi haruslah memperhatikan jumlah bahan beras ketan.Jenis ragi yang digunakan juga berpengaruh terhadap kualitas tape ketan. biasanya proses fermentasi membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari. 

Rasa manis tape ketan bukan karena gula tapi dari glukosa yang terkandung dalam beras ketan.
Berikut membuat resep tape ketan hitam:
Bahan membuat tape ketan : 
  1. beras ketan  hitam 500g 
  2. air panas 400ml 
  3. gula pasir 5sdm (menurut seleara) 
  4. ragi tape secukupnya ( 2 butir )

Cara membuat tape ketan : 
  • Cuci beras ketan hitam sampai bersih.
  • Rendam beras ketan hitam kedalam 1 liter air semalaman agar lembek karena jenis beras ketan hitam tergolong keras. lalu tiriskan.
  • Kukus beras ketan hitam hingga menguluarkan uap yang banyak, setelah itu siram menggunakan 400 ml air panas, kemudian dikukus lagi hingga waktu 15 menit, angkat dan biarkan agar dingin, semetara menunggu dingin,haluskan raginya..
  • Ambil setengah bagian beras ketan hitam dan taruh dalam wadah kemudian ratakan, langkah berikutnya taburkan ragi setengahnya saja masukan gula jika dirasa perlu.
  • Tutupi ketan yang sudah ditaburi ragi dengan sisa setengah beras ketan,jangan lupa untuk menaburkan ragi diatasnya hingga habis.
  • Langkah terakhir wadah ketan harus ditutup secara rapat, bungkus atau tutupi menggunakan kain lap kemudian diletakkan pada tempat yang kering dan hangat.
  • Biarkan untuk fermentasi selama 3 hari, jika sudah 3 hari dapat langsung disimpan dalam kulkas supaya bisa bertahan lama serta fermentasinya tidak berlebihan.

Beras ketan putih pun bisa dibikin tape, caranya sama saja dengan beras ketan hitam ini.


Selamat mencoba resep membuat tape ketan hitam, sajikan tape istimewa ini bersama keluarga tercinta. 

Semoga bermanfaat.
Anda juga dapat menemukan cara Lainnya disini.

Link iklan Lainnya yang mungkin bermanfaat buat anda:

loading...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

2 komentar :

  1. kadang tape ketan hirtam kok rasanya jika jadi kok agak keras ya bro? apakah karena beras ketannya? atau semua ketan hitam memang seperti itu?

    Halra

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg sudah saya coba emang kalo tape dari keta hitam suka aga keras tidak seperti keta bras putih lebih lunak. saya blm medapatkan caranya mungkin pembaca yg lain ada yg tau bsa berbagi disini.
      trimakasih atas kunjungannya.

      Delete

 
Support : Gilang Kencana 99 | Wawasan Insani | TopTan platinum
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger