Home » » Cara Membuat Pakan Ayam atau PUR(pelet)

Cara Membuat Pakan Ayam atau PUR(pelet)

Gambar Pakan Ayam atau pur(pelet)
Dalam Peternakan terutama ternak ayam pedaging hal yang paling perlu di perhatikan adalah pemberian pakan. Pakan ayam haruslah bernutrisi tinggi sesuai yang dibutuhkan ayam sepeti protein, serat, karbohidrat, lemak harus tercukupi agar pertumbuhan ayam tidak terhambat sehingga akan cepat tumbuh besar, lebih berbobot angka kematian sedikit, kekebalan terhadap penyakit lebih kuat, harga jual meningkat dan waktu panenpun akan lebih relevan cepat.

Permasalahannya adakah pakan ayam yang mampu bisa menghasilkan seperti itu semua?. Memang di pasaran sudah banyak yang menjual berbagai macam merek pakan ayam, tetapi menurut saya jika seperti itu terus di lakukan maka pengasilan kita selaku peternak akan susah untuk mendapatkan keuntungan, kenapa? Ya... karena tiap saat harga pakan semakin mahal meskipun harga jual ayam pedging juga mengalami kenaikan harga.
Dari situlah saya mencoba membuat pakan ayam (pur) sendiri dengan memanfaatkan yang ada disekitar lingkungan saya.

      Berikut ini saya akan mencoba memaparkan cara membuat pur (pakan ayam) khususnya untuk starter. 

      Bahan bahan yang di perlukan:  
  1.  Tepung ikan = 24%
  2.  Kedelai = 11%
  3.  Jagung = 30%
  4.  Bekatul = 26%
  5.  Dedak = 5%
  6.  Vitamin = 2%
  7.  Kunyit = 1%
  8. Sayuran = 1%
  9. Air bersih secukupnya

Pembahasan bahan yang di gunakan: 
1. Tepung ikan 
Tepung ikan kami memanfaatkan keong atau ikan teri (ikan teri bias beli di pasar ikan teri palanya saja harganya lebih murah, kemudian dijemur hingga kering, setelah kering lalu digiling, karena sekala rumahan maka untuk menggilingnya saya menggunakan blender untuk menghaluskan mumbu. 
2. Kedelai 
Kedelai kalau dilingkugan anda ada pabrik pembuat tahu maka gunakanlah ampas tahu, tapi kalau tidak ada anda anda bias membeli kacang kedelai, lalu digiling atau di tumbuk hingga menjadi tepung. (tidak tyerlalu halus juga tidak masalah yang penting anak ayam bias menelannya) 
3. Jagung 
Inipun sama anda bias memblinya di pasar atau mungkin anda punya pohon jagung yang sudah tua dan kering, dan giling atau tumbuk sampai halus seperti hanya kacang kedelai. 4. Bekatul
Untuk bekatul saya menggunakan Benyer (beras kecil kecil hasil pengayakan atau sisa pengilingan padi atau anda bias menggunakan nasi yang tidak abis lalu di jemur hingga kering dan diling atau tumbuk hingga halus. 
5. Dedak
Untuk dedak gunakan dedak yang halus biasanya di pabrik penggilingan padi banyak tersedia.dan harganyapun cukup murah. 
6. Vitamin.
Untuk vitamin anda bias membeli ke toko pakan ayam. 
7. Kunyit
Kunyit anda bias ambil di tempat istyri anda menyimpan bumbu dapur atau anda bias membelinya di pasar, atau anda punya tanamannya sendiri ambil saja lalu parut. 
8. Sayuran
Untuk sayuran anda dapat menggunakan, daun papaya, daun bayam, kangkung, daun mengkudu, daun pete cina, ataua yang lainnya yang mudah didapat disekitar lingkungan anda. 
9. Air
Air digunakan untuk membuat adonan

Teknis cara pembuatan pakan ayam atau pur(pelet).
Setelah semuah bahan tersedia dan sudah berbentuk tepung dengan komposisi yang sudah disesuaikan ukuran masing masing bahan selajutnya adalah:


   a.Campurkan bahan bahan diatas (tepung ikan, jagung, kedelai, bekatul, dedak, vitamin kunyit dan sayuran) aduk sampai homogen tambahkan air secukupnya jangan sampai encer sehingga bahan bahan tersebut seperti adonan.
   b.Kukus atau di uapi adonan seperti kita menanak nasi sampai matang, tujuannya agar pakan ayam tidak cepat basi.
   c.Setelah matang, angkat dan Bentuklah adonan sesuai ke inginan anda. 

   Dikenal ada tiga bentuk pakan yaitu:
   1. Bentuk tepung
Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu adonan yang sudah dikukus dijemur diratan sampai tipis agar cepat kering, setelah kering di remas remas agar hancur seperti tepung (jangan terlalu halus)
   2. Bentuk Crumbl;es (butiran pecah)
Adonan di masukan kedalam ayakan yang berlubang sambil di tekan tekan hingga butiran berjatuhan, kemudian butiran butiran tersebut jemur hingga kering . dan pakan siap disajikan.
    3.Bentuk Pelet
Untuk membuat pakan ayam bentuk ppelet, adonan yang sudah dikukus tadi masukan kedalam penggilingan daging sambal hingga keluar bentuk memanjang. Kemudian di potong potong dan di jemur hingga kering.
 
Komposisi di atas di peruntukan untuk anak ayam (starter), Demikianlah sekilas cara pembuatan pakan ayam atau PUR(pelet) semoga bermanfaat buat pembaca Kerajinan home industry semua.

Anda juga dapat menemukan cara Lainnya disini.

Link iklan Lainnya yang mungkin bermanfaat buat anda:

loading...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

0 komentar :

Post a Comment

 
Support : Gilang Kencana 99 | Wawasan Insani | TopTan platinum
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger