Home » » Manfaat Buah Kesemek

Manfaat Buah Kesemek

KESEMEK adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Kesemek sering disebut buah genit lantaran kulitnya dipenuhi serbuk putih seperti bedak.
Buah kesemek mengandung 80% air, gula 12%, 3,6% protein lemak serat, dan abu dalam jumlah kecil, mineral ini hadir dalam warna kesemek: kalsium, fosfor, natrium, magnesium , zat besi, seng, selenium, tembaga dan mangan. Kalium hadir dalam jumlah besar.
Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini mengandung vitamin A, beberapa Vitamin grup B, vitamin C dan E. Asam amino adalah terdiri dari: asam aspartat, asam glutamat, arginin, alanin, sistin, glisin, fenilalanin, leusin, isoleusin, lisin, metionin, prolin, serin, tirosin, treonin, valin.
Buah kesemek mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Menjaga tubuh agar tetap langsing
Buah kesemek ternyata memiliki khasiat yang hampir sama dengan apel. Pakar kesehatan sering menganjurkan untuk mengonsumsi buah apel bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Tak disangka, buah yang selalu dianggap remeh ini ternyata bisa menggantikan posisi apel sebagai salah satu makanan sehat saat menjalankan program diet. Kandungan gizinya tak kalah hebat dibandingkan dengan buah apel. Serat yang terkandung dalanm buah kesemek.
Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi satu buah kesemek setiap hari dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit jantung. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah kesemek mampu menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tidak terjadi penyumbatan.
Hipertensi
Untuk mengobati Hipertensi atau darah tinggi, Anda dapat mengonsumsi kesemek dengan mengolahnya menjadi jus. Cara membuatnya adalah siapkan kurang lebih dua buah kesemek, kemudian kupas kulit luarnya dan bersihkan bijinya, setelah itu masukkan kedalam blender dan haluskan hingga benar-benar halus, dan campurkan dengan air hangat. Minumlah secara rutin satu kali setiap hari.
Mengobati sakit perut
Untuk mengobati sakit perut makanlah buah kesemek segar. Kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kandungan tersebut akan membantu membuat rasa nyaman di perut.

Mengobati diare dan disentri
Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan. Rebus sampai jadi bubur. Campur dengan beras ketan dan irisan jeruk dua potong. Campur sampai rata, angkat dan konsumsi tiga kali sehari.
Mengobati batuk berdahak dan asma
Ambil dua potong buah kesemek, iris tipis dan keringkan. Kukus sampai matang. Selanjutnya bisa langsung dimakan atau dihaluskan dengan tambahan sedikit madu murni.

#Dikutip dari Suara Merdeka
Anda juga dapat menemukan cara Lainnya disini.

Link iklan Lainnya yang mungkin bermanfaat buat anda:

loading...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

 
Support : Gilang Kencana 99 | Wawasan Insani | TopTan platinum
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger