Home » » Cara membuat sirup buah kersen (seri, ceri, baleci)

Cara membuat sirup buah kersen (seri, ceri, baleci)

Cara membuat sirupp buah karsen, ceri, seri
gambar buah dan pohon serta sirup karsen 
Buah kersen masih terdengar asing di telinga anda? Buah ini di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya bauh seri, buah ceri, baleci (Madura), talok, dan masih banyak lagi, kalau daerah anda apa namanya? 

Buah ini berukuran sangat kecil namun memiliki rasa khas, manis (bila sudah matang). dan tekstur bagian dalam seperti berpasir. Buah yang masak biasanya berwarna kunig atau merah dan ditandai dengan tekstur buahnya yang lembut saat dipencet. Kita bisa menemukan buah ini dengan mudah dipinggiran jalan atau sekitar pekarangan rumah karena tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh. 

Dibalik rasanya yang manis dan ukurannya yang super mini ternyata terdapat khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Apa saja kira-kira manfaat buah kersen/Seri untuk kesehatan? Silahkan anda cari sendiri karena disini saya tidak akan membahas tentang manfaat dan khasiatnya, tapi saya akan membahas tentang cara mengolah buah kersen menjadi minuman yang menyegarkan, dalam kesempatan ini akan dibahas cara membuat sirup dari buah karsen (buah seri / ceri).

Buah karsen / seri / ceri ini bisa anda konsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya, namun anda juga bisa mengolah buah ceri, atau buah karsen, buah seri, ini sebagai sirup agar bisa disimpan lebih lama.

Cara mengolah buah seci, ceri atau karsen salah satunya yaitu dengan cara dibuat menjadi sirup karsen atau ceri atau seri, cukup mudah ikutilah langkah-langkah berikut ini

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :

  • ·       Buah kersen yang matang
  • ·       Kayu manis
  • ·       Gula pasir
  • ·       Garam
  • ·       Vanilla
Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup  buah kersen termasuk botol untuk mengemas sirup, saringan, panci, penumbuk, dan ember atau anda dapat menggunakan peralatan yang dibutuhkan yang anda milik.

Kemudian cara pembuatannya seperti berikut ini :
1.  Cuci bersih buah kersen matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir
2. Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara  mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu rebus.
3.  Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2:1
4.  Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas terpisah.
5.  Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol lalu tutup rapat.
6. Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.


Demikianlah cara  membuat sirup karsen (seci, ceri, baleci) semoga bermanfaat.
Anda juga dapat menemukan cara Lainnya disini.

Link iklan Lainnya yang mungkin bermanfaat buat anda:

loading...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat e-mail anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kerajinan Home Industry

Enter your email address:

2 komentar :

 
Support : Gilang Kencana 99 | Wawasan Insani | TopTan platinum
Copyright © 2013. Kerajinan Home Industry - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger